Rosmiana, Rosmiana (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Fikih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MI Alkhairaat Sakita Kabupaten Morowali. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.
ROSMIANA.pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan saintifik terdiri dari mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Fikih lebih banyak melibatkan peserta didik dalam pembelajaran. Guru hanya memberikan stimulus dan peserta didik yang lebih merespon berdasarkan pemahamannya. Adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui pendekatan saintifik di MI Alkhairaat sakita, setelah diterapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Fikih. Adapun Indikator motivasi belajar peserta didik ada lima, yaitu adanya hasrat dan keinginan, adanya dorongan dan kebutuhan belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, dan adanya kegiatan menarik dalam belajar. Hal ini dilihat dari segi pemahaman hampir semua peserta didik mudah memahami materi yang diberikan. Dengan demikian, peserta didik tidak akan jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung dan pada pelaksanaan tugas peserta didik terlihat sangat antusias saat diberikan tugas oleh guru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 18 May 2022 06:36 |
Last Modified: | 18 May 2022 06:36 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1475 |