Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Lere

Hasnia, Hasnia (2018) Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Lere. Other thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of HASNIA (.pdf] Text
HASNIA (.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak dapat memberikan perubahan dari hasil belajar peserta didik hal ini sesuai dengan langkah-langkah yang digunakan guru yaitu: guru terlebih dahulu membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, setelah itu guru menjelaskan prosedur dalam mencocokkan kartu, dengan aspek yang dinilai, kerjasama, teliti, dan kerapian. Setelah semua peserta didik mendapatkan kelompok, guru membagikan kartu yang sudah dipotong-potong kecil yang di dalamnya terdapat materi asmaul husna dan kalimat thayyibah yang sudah disiapkan guru untuk setiap kelompok. Guru meminta setiap kelompok maju ke depan untuk mencocokkan kartu secara bergiliran. Peserta didik mencocokkan kartu sesuai dengan kelompok masing-masing. Guru mengkordinir setiap kelompok dalam mencocokkan kartu. Setelah selesai guru meminta kepada setiap kelompok untuk mengamati hasil kerja mereka, baik dari ketepatannya, maupun kerapiannya. Guru mengumumkan kepada semua kelompok nilai yang diperoleh dari tiap kelompok. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik diakhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Education > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Yaqin 007
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:09
Last Modified: 24 Dec 2021 07:09
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item
View Item