Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Multikultural Di SMA Negeri 4 Palu

Amiruddin, Amiruddin (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Multikultural Di SMA Negeri 4 Palu. Masters thesis, IAIN Palu.

[thumbnail of amiruddin.pdf] Text
amiruddin.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Desain pengembangan model pembelajaran yaitu a) menentukan nilai-nilai multikultural, yang terintegrasi pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, b) silabus, c) RPP, d) menggunakan metode dan model pembelajaran PAI yang berbasis nilai multikultural,.dan c) melakukan penilaian terhadap proses aktivitas belajar, yang merupakan tindak lanjut pembelajaran, Adapun pendekatan pengembangan model pembelajaran yakni Pendekatan keadilan dan kesetaraan tanpa membeda-bedakan yang disebut cultural pluralism, yaitu memberikan kesempatan dan kebebasan pada semua elemen untuk menunjukkan dan mengembangkan identitasnya masing-masing, baik dari bahasa, suku, etnis, agama dan sebagainya. Sedangkan mengembangkan model pembelajaran pedidikan Agama Islam berbasis nilai multikultural karena a) pendidikan multikultural bukan suata mata pelajaran khusus, b) mengedepankan kesetaraan diantara peserta didik yang berbeda latar belakang, c) adanya berbagai keragaman peserta didik yang menyebabkan terjadi kesalah pemahaman yang dapat menimbulkan pertikaian antar sesama teman

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Education > Pendidikan Islam
Divisions: Post Graduate > Magister Islamic Education
Depositing User: Ainul Yaqin Usman S.I.P.
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:08
Last Modified: 11 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item
View Item