Aisyah, Sitti (2018) Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’ān Dan Solusinya Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Palu. Masters thesis, IAIN Palu.
Sitti Aisyah.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran baca tulis Alquran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Palu dilaksanakan dalam tiga macam kegiatan. Yakni program SIMPATIQ (Siswa Madrasah Pencinta Tilawatil Qur’an) yang dilaksanakan pada setiap hari selasa sampai hari kamis pada pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, program bimbingan khusus pemantapan baca tulis Alquran pada sore hari selesai jam pembelajaran, dan baca surah Yasin di pagi hari pada hari jum’at. Adapun problematika pembelajaran baca tulis Alquran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Palu adalah rendahnya kemampuan kemampuan baca tulis Alquran siswa disebabkan oleh dua hal. Yakni masih banyaknya siswa yang bacaannya masih di bawah level Iqra’ 4 serta lingkungan keluarga yang kurang memperhatikan baca tulis Alquran siswa di rumah. Solusi dari problematika baca tulis Alquran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Palu ada tiga. Yaitu melaksanakan program baca tulis Alquran baik yang termasuk kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler, mengadakan acara khatam Alquran di sekolah serta menetapkan persyaratan mengikuti ujian semester dengan syarat harus mampu baca tulis Alquran sesuai dengan standar yang ditetapkan pada masing-masing tingkatan kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education > Pendidikan Islam |
Divisions: | Post Graduate > Magister Islamic Education |
Depositing User: | Ainul Yaqin Usman S.I.P. |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 03:00 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 03:00 |
URI: | http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1403 |