PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA MTS NEGERI 2 BANGGAI

  • Pudariati FTIK IAIN Palu
Keywords: Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di MTS Negeri 2 Banggai Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di MTS Negeri 2 Banggai yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di MTS Negeri 2 Banggai Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 130,50 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 150,13 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 167 berada pada kategori sangat tinggi

References

Daradjat, Prof. Dr. Zakiah. (1992) Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, C.D., Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. (2007). Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. SeventhEdition. Boston: Perason.
Mulyasa. (2007). Standar Komptensi Guru. Bahan Belajar Mandiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah. Dimensi Kompetensi Supervisi. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional 2009
Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musfah, Jejen (2015). Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan Praktik). Jakarta : Prenada Media Group
Oliva, P.F. & Pawlas G.E. (2004). Supervision for Today’s Schools. 7th Edition. New Jersey: Wiley Publishing.
Rustaman, N & Rustaman A. (2001) Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand Out Bahan Pelatihan Guru-guru IPA SLTP Se Kota Bandung di PPG IPA. Depdiknas.
Prihono, Herry. (2014). Model Supervisi Akademik Bebasis Evaluasi Diri Melalui MGMP Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMK Di Kabupaten Wonogiri. Educational Management. Universitas Negeri Semarang. Vol. 3 NO. 2
Quthub, Sayyid. (2009) Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.
Rosilawati, titik. (2014). Supervisi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 1, No. 2
Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Slameto (1995) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sergiovanni, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Associationfor Supervision and Curriculum Development.
Sudin, Ali. 2008. Implementasi Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Dasar. No.9
Susanto, Ahamad (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-10-05
How to Cite
Pudariati. (2021). PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA MTS NEGERI 2 BANGGAI. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(2), 133-147. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss2.169