ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENURUNAN DISIPLIN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE AKIBAT PANDEMI COVID-19

  • 'Umdatun Ni'mah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • David Ari Setyawan Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Disiplin, Pembelajaran Online, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya banyak siswa yang mengalami penurunan kedisiplinan selama pembelajaran online, baik itu dalam mengikuti pembelajaran online, dalam hal mengumpulkan tugas, maupun dalam hal lainnya. Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penurunan disiplin siswa atau peserta didik selama pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penurunan disiplin siswa selama pembelajaran online akibat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian penulis dapatkan melalui artikel dan juga buku yang memiliki relevansi dengan artikel ini. Untuk mendukung data kepustakaan atau literatur tersebut, data juga didapatkan dengan melakukan wawancara. Berdasarkan data yang telah diperoleh dalam penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang memengaruhi penurunan disiplin siswa selama pembelajaran online akibat pandemi Covid-19, yaitu (1) menurunnya motivasi belajar siswa, (2) sarana dan prasarana yang kurang memadai, (3) minimnya waktu luang orang tua, dan (4) penggunaan gawai yang berlebihan.

References

Astini, Ni Komang Suni. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19.” dalam LAMPUHYANG, Vol. 11, No. 2, 2020, h. 13-25.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, dan Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” dalam IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, 2020, h. 123-140.

Dewi, Mutia. “Analisis Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online di Era Covid-19 di MI Azizan Palembang.” dalam Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 2, 2020, h. 54-64.

Handarini, Oktafia Ika dan Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” dalam Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8, No. 3, 2020, h. 496-503.

Manazila, Azka dan Eko Purwanti. “Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar PKn Kelas v.” dalam Joyful Learning Journal, Vol. 6, No. 1, 2017, h. 61-70.

Mastura dan Rustan Santaria. “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa.” dalam Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, 2020, h. 289-295.

Mirdanda, Arsyi. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery, 2018.

Muraza, Ramadhani Latesa dan Wisroni. “Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online dengan Perilaku Disiplin Warga Bealajar Pada Pelatihan Otomotif.” dalam Jurnal Halaqah, Vol. 2, No. 2, 2020, h.173-187.

Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung , 2020.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.” dalam EduPsyCouns: Journal Of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2, No. 1, 2020, h. 1-12.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, dan Din Azwar Uswatun. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar.” dalam Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 4, 2020, h. 861-872.

Rigianti, Henry Aditia. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara.” dalam Elementary School, Vol. 7, No. 2, 2020, h. 297-302.

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” dalam BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, 2020, h. 214-224.

Sari, Melani Kartika. “Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.” dalam Jurnal Karya Abdi, Vol. 4, No. 1, 2020, h. 80-83.

Setyorini, In. “Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?.” dalam Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), Vol. 1, No. 1, 2020, h. 95-102.

Suhelayanti, M. Ridwan Aziz, Dian Cita Sari, Meilani Safitri, Syifa Saputra, Sukarman Purba, Erika Revida, Ramen A Purba, Lusy Tunik Muharlisiani, Janner Simarmata. Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Suryaningsih, Arifah. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online Pada Pelajaran Animasi 2D Melalui Stategi Komunikasi Persuasif.” dalam Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No. 1, 2020, h. 9-15.

Wahyono, Poncojari, H. Husamah, dan Anton Setia Budi. “Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Reriew Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring.” dalam Jurnal Pendidikan Profesi Guru, Vol. 1, No. 1, 2020, h. 51-65.

Wardhani, Tsaniya Zahra Yuthika dan Hetty Krisnani. “Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19.” dalam Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 7, No. 1, 2020, h. 48-59.

Yuliyantika, Siska. “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XI di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017.” dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 9, No. 1, 2017, h. 35-44.
Published
2021-04-06
How to Cite
’Umdatun Ni’mah, & David Ari Setyawan. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENURUNAN DISIPLIN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE AKIBAT PANDEMI COVID-19. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 33=48. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss1.134