PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MULTIKULTURAL PERSPEKTIF PEMBELAJARAN INTEGRATIF
Abstract
Tulisan ini mengkaji tentang PAI multikultural sebagai model pembelajaran integratif yang memadukan antara ilmu pengetahuan dan agama. Dari aspek konten, multikulturalisme mengkaji keragaman bangsa, suku, warna kulit, bahasa, agama dan keragaman lain yang terbentang dalam realitas sosial kehidupan manusia sebagai ayat-ayat Allah yang bersifat kauniyah. Sedangkan PAI mempelajari normativitas ajaran Islam dan dimensi historis yang banyak termuat dalam al-Qur’an sebagai ayat-ayat Allah yang bersifat qauliyah. Pembelajaran kedua bidang keilmuan tersebut sama-sama sebagai proses pencarian kebenaran yang merujuk kepada Allah sebagai episentrum kebenaran Hakiki dan sumber ilmu pengetahuan. Dari konsep pembelajaran integratif yang dikemukakan pemikir Islam dan Barat, PAI multikultural berada pada pola relasi antardispliner, yaitu integrasi antara ilmu umum dan ilmu agama. PAI multikultural sebagai pembelajaran integratif tergambar pada aspek: tujuan, materi, metode, media dan sumber belajar dan penilaian yang saling terintegrasi dalam membentuk kompetensi beragama peserta didik secara integral, yaitu: keterpaduan antara unsur duniawi dan ukhrawi, antara dimensi spritual dan intelektual, antara ranah personal dan sosial dalam konteks membangun harmoni kehidupan warga sekolah, masyarakat dan bangsa Indonesia yang pluralistik dari segala aspeknya.
References
Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Rama Widya, 2013.
Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Adib Abdushomad (ed.), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006).
Asy’arie, Musa. Filsafat Ilmu: Integrasi dan Transendensi. Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam/LESFI.
al-Suyuthi, Jalaluddin. Jam’ul Jawami’, Juz 2. Mesir: Daar al-Sa’adah li al-Ṭaba’ah, 1426 H/2005 M.
al-Ghazali, Muhammad. Ihya ‘Ulumuddin, Juz 1. Beirut: Daar al-Ma’rifah, t.th.
al-Qardhawi, Yusuf. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, Terj. H. Bustami A, Gani dan Zainal Abidin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang, t.th.
al-Kailani, Majid ‘Irsan. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyyah: Dirasah Muqaranah baina Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyyah wa al-Falsafat al-Tarbawiyyah al-Mu’ashirah. Cet. 1; Mekkah: Maktabah al-Manarah, 1987.
Bukhari, Imam. Shahih Bukhari: al-Jami’ al-Musnad al-Shahih. Daarul al-Tashiil Markaz al-Buhutsil wa Taqniyyah al-Maklumat, 1433 H/2012 M.
Bakri, Masykuri. Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Kotatua, 2018.
Barizi, H. Ahmad Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang, UIN Maliki Press, 2011.
F, Fogarty. How to Integrative The Curicula. Palatine Illionis: Skygh Publishing Inc, 1991.
Ghony, M. Djunaidi. Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Malang: PPS Unisma, 2017.
Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Khaldun, Ibnu. Muqaddimah Ibn Khaldun, Terj. Ahmadie Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.
Kartanegara, Mulyadhi. Integrasi Ilmu: Sebuah Konstruksi Holistik. Jakarta: Penerbit Arasy dan UIN Jakarta Press, 2005.
Kamus Istilah Indonesia-Arab Online, https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/integrasi/. Diakses, tanggal 20 Maret 2021.
Maslikhah, Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan. Salatiga: STAIN Salatiga Press, 2007.
Naim, Ngainun. Islam dan Pluralisme Agama: Dinamika Perebutan Makna. Yogyakarta: Aura Pustaka, 2014.
Nizar, Samsul. Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.
Noor, Fu’ad Arif. “Pendekatan Integratif dalam Studi Islam,” Cakrawala: Jurnal Studi Islam Vol. 13 No. 1, 2018, dalam http://journal. ummgl. ac.id/index. php/cakrawala Diakses, tanggal 15 Maret 2021.
Ramayulis, H. Sejarah Pendidikan Islam: Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metode Pendidikan Islam dari Era Nabi Saw Sampai Ulama Nusantara. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Shaqir, Sayyid Ahmad. Manaqib al-Syafi’i. Mesir: Maktab Daar al-Turats, 1971.
Sulaiman, Fathiyah Hasan. Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan. Jakarta: Minaret, 1991.
Siswanto, “Perspektif Amin Abdullah tentang Integrasi Interkoneksi dalam Kajian Islam,” dalam Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol. 3 No. 2 Desember 2013.
Suprayogo, H. Imam. Paradigma Pengembangan Keilmuan Perspektif UIN Malang. Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2006.
-------, “Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,” dalam: https://www.uin.malang.co.id. Diakses, tanggal 21 Maret 2021.
-------, Pengembangan Pendidikan Karakter. Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2013.
Sunhaji, “Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains”, Jurnal STAIN Purwakerto, 2014.
Taimiyah, Ibn. Majmu’ Fatawa, Bab Mantiq. Riyadh: Jami’ah al-Imam Muhammad Ibn Sa’ud, 1962.
Taufiqurrochman, H. R. Imam al-Jami’ah, Narasi Indah Perjalanan Hidup dan Pemikiran Prof. Imam Suprayogo. Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2010.