ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BUKU “SENANG BELAJAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” DI KELAS IV DAN V SD DI KAB. KARANGANYAR

“SENANG BELAJAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” DI KELAS IV DAN V SD DI KAB. KARANGANYAR

  • Rizky Martha Oktavia Institut Agama Islam Negeri Surakarta
  • Fauzi Muharom IAIN Surakarta
Keywords: nilai toleransi, budi pekerti, pendidikan agama Islam

Abstract

oleh Rizky Martha Oktavia

Prodi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Surakarta

rizkymarthaoktavia@gmail.com

 

Abstrak

Kesuksesan pendidikan toleransi melalui pendidikan agama Islam dapat ditopang oleh komponen bahan ajar, misalnya buku “Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti” bagi Siswa Kelas IV dan V SD di Kab. Karanganyar. Permasalahannya, bagaimana analisis nilai-nilai toleransi dalam buku tersebut? Tujuan penelitian, yaitu menganalisis nilai-nilai toleransi dalam buku “Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti” bagi Siswa Kelas IV dan V SD di Kab. Karanganyar. Dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian pustaka, data penelitian berupa nilai-nilai toleransi diperoleh dari sumber data buku dikumpulkan dengan studi dokumentasi. Keabsahannya diperiksa dengan teknik (1) triangulasi, (2) pengecekan anggota, (3) meningkatkan ketekunan, dan (4) kecukupan bahan. Berdasarkan hasil analisis isi ditemukan nilai-nilai toleransi, yakni 31 nilai toleransi, misalnya (1) tidak menertawakan cara beribadah umat beragama lain, (2) tidak membicarakan kekurangan agama umat beragama lain, (3) tidak mencela aturan beribadah umat beragama lain. Saran kepada penulis buku Pendidikan Agama Islam (PAI) SD, yakni perlu penyebaran nilai toleransi pada setiap bab; guru PAI dan siswa kelas IV dan V SD perlu membaca, bahkan menelusuri nilai toleransi agar dapat diajarkan berkelanjutan; siswa kelas IV dan V SD perlu membaca dan menerapkan nilai toleransi dalam buku dengan berkonsultasi pada orang tua dan guru yang membinanya; kepala SD dapat menjadikan sebaran nilai-nilai toleransi sebagai panduan untuk memilih, menentukan, dan merancang kegiataan sosial kemasyarakatan di sekolah untuk melatih kepekaan siswa menjadi generasi yang toleran.

Kata-kata Kunci: nilai toleransi, budi pekerti, pendidikan

                              agama Islam

References

DAFTAR PUSTAKA
A., Doni Koesoema. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
Agung S., Leo. 2019. Pendidikan Karakter sebagai Fondasi Keterampilan Abad 21 (5CS Super Skills). Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan, UNS, 5 November 2019.
Ahmad. Musta’in. (2017). Peran Kemenag Dalam Pencegahan Radikalisme, Intoleransi & Terorisme. http://karanganyar.kemenag.go.id/berita/read/-peran-kemenag-dalam-pencegahan-radikalisme-intoleransi-terorisme. Di-unduh 27 September 2020, pukul 23.20 WIB.
Al-Qaradhawi, Yusuf. (2007). Muntakhab Ahadits: Dalil-dalil Pilihan Enam Siaf Utama. Cet. Ke-II. Yogyakarta: Ash-Shaff.
Al-Qur’an al-Karim.
Aly, Abdullah. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren: Telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arif, Syaiful. (2018). Islam, Pancasila, dan Deradikalisasi. Jakarta: Gramedia.
Atmanto, Nugroho Eko. SIKAP TOLERANSI SISWA MADRASAH(Pandangan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendal terhadap Toleransi Antar Umat Beragama).https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/spdata/upload/dokumenpenelitian/1557990953Exsum_Penelitian_Toleransi_SMA.pdf. diunduh 28 Januari 2020, pukul 19.30 WIB.
Bakry, Noor Ms. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, M. Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Darno. (2020). Waspadai Bullying di Sekolah, Begini Langkah Pemkab Sukoharjo https://m.solopos.com/waspadai-bullying-di-sekolah-begini-langkah-pem-kab-sukoharjo-1048555?utm_source=bacajuga_desktop. Diunduh 27 September 2020, pukul 22.20 WIB.

Dja’far, Alamsyah M.2018. Intoleransi! Memahami Kebencian dan Kekerasan atas Nama Agama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Dosensosiologi.com. (2019). Pengertian Toleransi Beragama, Manfaat, dan Contohnya di Masyarakat https://dosensosiologi.com/toleransi-beragama. Diunduh 1 September 2020, pukul 19.30 WIB.
Drew, Clifford J.; Hardman, Michael L.; dan Hosp, Jonh L. (2017). Penelitian Pendidikan: Merancang dan Melaksanakan Penelitian pada Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Indeks.
Elfindri.; Hendrajaya, Lilik.; Wello, Muhammad Bahkri.; Hendmaidi.; Eriyani, Elfa.; dan Indra, Ristapawa. (2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.
Furqon M. 2019. Analisis Nilai-Nilai Toleransi dalam Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA Terbitan Kemendikbud tahun 2017. Tesis. (http://etheses.uin-malang.ac.id/13237/1/16771006.pdf) Diunduh 25 Juni 2021 Pkl 20.00 WIB.
Geovanie, Jeffrie. (2013). Civil Religion: Dimensi Sosial Politik Islam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Geovavanie, Jeffrie. (2013). Civil Religion: Dimensi Sosial Politik Islam. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Ghozaly, Feisal and Achmad Buchori Ismail. (2017a). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Buku Guru Kelas 4. Vol. 8. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ghozaly, Feisal and Achmad Buchori Ismail. (2017b). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Buku Guru Kelas 5 SD. Vol. 8. edited by Samsuri. JAKARTA: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ghozaly, Feisal. dan Ismail, Buchori Achmad. (2014). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ghufron, Fathorrahman. (2016). Ekspresi Keberagaman di Era Milenium: Kemanusiaan, Keragaman, dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Gulen, Muhammad Fetullah. (2013). Membangun Peradaban Kita: Islam adalah Masa Depan Dunia yang Memuliakan dan Menjunjung Tinggi Derajad Manusia. Jakarta: Penerbit Republika.
Hasanah, Silva K. 2019. Nilai Toleransi dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berdasarkan Permendikbud nomor 21 Tahun 2016. Malang: Jurusan Pendidikan Agama Islamfakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruanuniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/16291/1/15110117.pdf. diunduh 25 Januari 2021, pukul 20.00 WIB.
Hikam, Muhamad A.S. (2000). Islam, Demokratisasi, dan Pemberdayaan Civil Society. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Indrayani (Ed.). (2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduode Media Jakarta.
Irwantoro, Nur. dan Suryana, Yusuf. (2016). Kompetensi Pedagogik: untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya: Genta Group.
Ismawati, Esti. (2012). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Khalsa, Siri Nam S. (2008). Pengajaran dan Disiplin Harga Diri. Jakarta: PT Indeks.
Koesoema, Doni. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Mahya, Itaf Bareeq. (2014). Mendidik Anak ala Rasulullah sejak dalam Kandungan sampai Usia 18 Tahun. Klaten: Abata Press.
Malik, Hermen. (2016). Membangun Generasi Berperadaban. Yogyakarta: INDes Publishing.

Mansur, Sufa’at. (2012). Toleransi dalam Agama Islam. Yogyakarta: Harapan Kita.
Mawarti, Sri. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Pembelajaran Agama Islam. Pekanbaru: puslit.lppm@uin-suska.ac.id.
Misrawi, Zuhairi. (2007). Al’Quran Kitab Toleransi: Inklusivisme, Pluralisme, dan Multikulturalisme. Jakarta: Penerbit Fitrah.
Misrawi, Zuhairi. 2007. Alquran Kitab Toleransi: Insklusivisme, Pruralisme, dan Multikulturalisme. Jakarta: P3M.
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad, Sayid. (2016). Sejarah Perjuangan Rasulullah: Menelusuri Kisah Hidup, Perjuangan, an Dakwah Sang Rasul dalam Menyebarkan Islam. Solo: Aryhaeko Sinergi Persada.
Muqoyyidin, Andik Wahyun. (2012). Dialektika Islam dan Budaya Lokal dalam Bidang Sosial sebagai Salah Satu Wajah Islam Jawa. Artikel dalam El Harakah, Jurnal Budaya Ilslam, Vol. 14, No. 1 Januari—Juni 2012, hlm. 18—33.
Nasution, S. (2008). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Nizar, Samsul. (2013). Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual: Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Prenada Media Group.
Purwanto. (2020). Panduan Penulisan Tesis (S-2) dan Disertasi (S-3) Pascasarjana IAIN Surakarta. Surakarta: Pascasarjana.
Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Rahmanto A. 2019. Nilai Toleransi Beragama dalam Buku Akidah Akhlak dan Implementasinya pada Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Satu Bantul Yogyakarta. Tesis. (https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39029/). Diunduh 25 Juni 2021 Pkl 20.00 WIB.
Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusydiyah, Evi Fatimatur. (2019). Aliran dan Paradigma Pemikiran Pendidikan Agama Islam Kontemporer. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Sedarmayanti.; Komariah, Aan.; Kurniady, Dedy Achmad; Zafar, Tetty Sufianty. 2020. Membangun dan Mengembangkan Human Capital Unggul melalui Pendidikan, Kinerja, dan Produktivitas Kerja di Era 4.0. Bandung: PT Refika Aditama.
Shihab, Muhammad Quraish. (1996). Wawasan Al-Qur’an.Bandung:Mizan.
Sholeh, M. Asrorun Ni’am. dan Humaidi, Lutfi. (2016). Panduan Sekolah & Madrasah Ramah Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Soryani, Sri. 2015. Penanaman Sikap Toleransi Di Kelas V SD Negerisiyono Iiikecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasarjurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikanuniversitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/23981/1/Skripsi%20Sri%20Soryani%2011108241059.pdf. diunduh 25 Januari 2021, pukul 20.00 WIB.
Subadio. (2012). Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Provinsi Banten Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Artikel dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 16, Nomor 2, 2012, hlm.553—573.
Sudrajat, Ajat; Samsudin, Amir; Ratnasari, Amir; Marzuki, Mami Hajaroh; Suparlan; Fathudidin, Syukri; Fitria Vita. 2013. Din Al-Islam. Yogyakarta: UNY Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sularto, St. dan Paramita, Amalia (Ed.). (2017). Nilai Ke-Indonesia-an: Tiada Bangsa yang Besar Tanpa Budaya yang Kokoh. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Supardi, Moh. Masrum; Musafak; Suradi; dan Chaeroni. (2016). Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Supardi, Moh. Masrum; Musafak; Suradi; dan Chaeroni. (2016). Senang Belajar Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suprayoga, Imam. (2016). Toleransi dalam Beragama. https://www.uin.ma-lang.ac.id/r/161201/toleransi-dalam-beragama.html. Diunduh 3 Agustus 2020, pukul 19.30 WIB.
Suryadi, Ace. dan Budimansyah, Dasim. (2004). Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: Genesindo.
Suryohadiprojo, Sayidiman. (2016). Budaya Gotong Royong dan Masa Depan Bangsa. Jakarta: Penerbit Kompas Media Nusantara.
Susilana, Rudi. dan Riyana, Cepi. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Syarif, Mahmud Bin Asy. (2003). Alquran Bertutur tentang Cinta. Yogyakarta: Cahaya Hikmah.
Thaha, Idris. (2018). Islam dan PDI Perjuangan: Akomodasi Aspirasi Politik Umat. Jakarta: Prenadamedia Grop.
Tim Penyusun. (2016). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2016. Jakarta: Direktorat PSMP.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trim, Bambang. (2009). Taktis Menyunting Buku. Bandung: Maximalis.
Triwiyanto, Teguh. 2019. Gelombang Liberalisme Pendidikan: Mengawal Tata Kelola Pendidikan untuk Rakyat. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Ubaid. 2017. Dahsyatnya Ikhlas Bahayanya Riya’. Jakarta: Darul Haq.
Ula, S. Soimatul. (2013). Buku Pintar Teori-teori Manajemen Pendidikan Efektif. Yogyakarta: Berlian.
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Umiarso. dan Zazin, Nur. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: Rasail Media Group.
Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, Amien. 2017. Character Education: Literatur Study Religious Tolerance Character (Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Tersedia Online di Vol. 1, No. 1, 2017, hlm. 49-56 http://pasca.um.ac.id/conferences-/index.php/snbk ISSN 2579-9908.
Weruin, Urbanus Ura. (2014). Manusia, Kebudayaan, dan Masyarakat: Konsep Dasar dan Relasi Dialogis Antara Manusia, Kebudayaan, dan Alam. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yamin, Moh. (2012). Panduan Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Zuchdi, Darmiyati; Ghufron, Anik; Syamsi, Kastam; Masruri, Muhsinatun Siasah. (2013). Pemetaan Immplementasi Pendidikan Karakter di SD, SMP, dan SMA di Yogyakarta. Artikel dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No. 1 Februari 2014. hlm. 1—10.
Published
2021-10-04
How to Cite
Martha Oktavia, R., & Muharom, F. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BUKU “SENANG BELAJAR AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” DI KELAS IV DAN V SD DI KAB. KARANGANYAR . Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(2), 91-118. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss2.167