Manjemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat
Manjemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat
Abstract
Dalam menjalankan organisasi sekolah, seorang pemimpin harus mampu mengemudikan dan menjalankan organisasinya. Artinya seorang pemimpin harus mampu membawa perubahan, karena perubahan adalah tujuan pokok dari kepemimpinan.
tujuan penelitian di antaranya untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknis pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan mengikuti prosedur Reduksi data, Display data, dan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa: Pertama, Gaya kepemimpinan kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat lebih dominan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan dalam pengambilan keputusan yang mendesak, gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan otokrasi atau otoriter. Kedua, Kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat dapat dikatakan sangat baik dan tingkat tinggi karena dengan melihat kompetensi guru yang meliputi kompetensi paedagodik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Ketiga, Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat dapat dikatakan sangat baik dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan otoriter serta supervisi observasi kelas dalam kegiatan-kegiatan, yaitu kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan semester.
References
Creswell, John W, 2013, Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Third Edition, Achmad Fawaid (terj), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI, 2006, Al Quran dan terjemahannya, Bandung: Syamil Cipta Media.
Guba, Egon G, dan Lincoln, Yvonna S, 2009, “berbagai Paradigma yang Bersaing dalam Penelitian Kualitatif”, dalam Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research, Terj, Zuhri Qudsy, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
http://meetabied.wordpress.com/2009/12/24/gaya-kepemimpinan/ diakses pada tanggal 21 Maret 2021.
Huberman, Miles, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Ismailal-Bukhori, Abi Abdillah Muhammad Ibn, Al Jami’ Al-Shahih, (Al Qahirah: Al Matba’ah al Salafiyah,1403 H.
Kasiram, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif, Cet. II, (Malang: UIN Maliki Press.
Kast, Fremont dan Resenzweig, 1991, Organisasi dan Manajemen 2, Jakarta: Bumi Aksara.
Kenneth N. Wexlwy, Gary A. Yuki, 1992, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Jakarta: Rineka Cipta.
Miftah Thoha, 1995, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J, 2002, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2005, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi), Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim, 2006, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rifa’I, 1986, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmar.
Suprayogo, Imam 1999, Revormulasi Visi Pendidikan Islam, Malang: Stain Press.
Wahab, Abdul Aziz, 2008, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, CV. Alfabeta.