PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS WEBSITE ELEARNING MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X IPA MAN 2 KOTA PALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Online berbasis Website Elearning Madrasah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA MAN 2 Kota Palu Tahun Ajaran 2020/2021. Serta untuk mengetahui apa saja kendala dan hambatan yang dirasakan guru maupun siswa saat melakukan kegiatan belajar mengajar online selama masa pandemic covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas X IPA1 MAN 2 Kota Palu karena mereka telah memiliki fasilitas internet, komputer dan gadget. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji data menggunakan spss 25. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh siswa dan juga dilakukan wawancara oleh guru sebagai data pendukung. Uji yang dilakukan yaitu validitas, reabilitas, dan uji R square untuk mencari seberapa besar pengaruh pembelajaran online berbasis website elearning madrasah terhadap hasil belajar fisika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online berbasis website elearning madrasah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa sebanyak 85,7%. Dari hasil pengujian spss bahwa nilai sig.(2-tailed) setiap variabel X dan variabel Y adalah < 0,005. Dilihat dari nilai rhitung dan rtabel didapat hasil bahwa nilai rhitung > rtabel. Nilai rtabel 0,3291 diperoleh dari nilai N 36-2=34. Angka 34 mempunyai nilai r tabel 0,3291. Hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa secara keseluruhan variabel X dan Y memiliki nilai cronbach’s alpha > 0,06. Pembelajaran online berbasis website elearning madrasah mampu menjadi penolong dunia pendidikan khususnya di madrasah pada masa pandemi Covid 19 ini. Menurut penuturan wali kelas juga hasil belajar siswa cenderung stabil dan tidak mengalami penurunan walaupun pembelajaran dilakukan dengan online.
References
Phychology and Counseling, Vol 2 No.1. 2020.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2012.
Bambang Warsita. Pendidikan Jarak jauh: Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Cet. Pertama. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. 2011.
Burhanuddin, dkk. Merajut Asa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS). Deepublish: Yogyakarta. 2020.
Darwyan Syah, dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media. Cet. 1. 2009.
Dini Oktarika. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah E-Learning Di Program
Studi P.TIK. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol 4 No. 1. 2015.
Jeffrey Payung Langi, Pengaruh Pembelajaran Fisika Secara Online Berbasis Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, Vol.16 No.2, Maluku:
Jurnal Syntax Admiration, 2020
Khotimah, Khusnul. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Surakarta: Tiga Serangkai. 2016.
Kompri. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi. 2017.
Rasimin. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Mitra Cendekia. 2018.
Richardo, & Rini Intansari M. Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 2 No. 2. 2017
Sarwono, Jonathan. Rumus-Rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: CV Andi. 2015.
Setyawan, Dodiet Aditya. Uji Validitas dan Reliabilitas instrumen Penelitian. Surakarta: Poltekkes Kemenkes Surakarta. 2014.
Sudjono A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2012.
Susanti, Meilia Nur indah. Statistik Deskriptif dan induktik. Yogyakarta: Graha ilmu. 2010.
Suzuki Syofian, dkk. Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Vol.1 No.1. Jakarta: jurnal.ftumj.ac.id. 2011.
Tim IT Dirjen Pendis. Buku Petunjuk Penggunaan Website E-Learning Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI. 2020.
Wilson, A., & Informatika, P. S. Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi. Sap (Susunan
Artikel Pendidikan). 2020.