EMPATHY DAN DESIGN THINKING DALAM INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPTIF

  • Afina Mauliya STAI An-Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Suci Wulandari STKIP Adzkia
Keywords: design thinking, empati, era disruptif, manajemen pendidikan Islam

Abstract

Abstract

the phenomenon of the current disruptive era makes technology develop fast paced. The rapid progress must be matched with the ability of human resources as the executor of the organization. This study aimed to find out the management innovation in Islamic education institution that nowadays becomes a serious concern to face the global competition. The abilities of empathy and design thinking are the skills that need to be had by headmasters in facing the disruptive era. Innovation in Islamic education management is essential to do considering that the success of education goals is seen from how to manage an organization. This study is the result of literary research sourced from indexed scientific journals, books, and news on the internet. The procedures used included three phases, namely organize, synthesize, and identify.  The result of content analysis showed the concept of design thinking as the process to obtain problem solving which is relevant to the education field namely the formulation of new policy and analysis towards a problem by collecting analyses so that it is helpful to obtain right and effective decision making.

Abstrak

Fenomena era disruptif saat ini menjadikan teknologi berkembang serba cepat. pesatnya kemajuan harus diimbangi dengan kemampuan SDM sebagai pelaksana organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali inovasi manajemen di lembaga pendidikan Islam yang saat ini menjadi perhatian serius untuk menghadapi persaingan global. Kemampuan empati dan design thinking adalah skill yang harus miliki oleh kepala sekolah dalam menghadapi era disruptif. Inovasi dalam manajemen pendidikan Islam penting dilakukan mengingat keberhasilan tujuan pendidikan dilihat dari cara mengelola organisasi. Penelitian ini merupakan hasil riset kepustakaan dengan referensi jurnal ilmiah terindeks, buku dan berita di internet. Prosedur yang digunakan meliputi 3 tahap, yaitu organize, synthesize dan identify.  Hasil analisis isi menunjukkan konsep design thinking sebagai proses menghasilkan problem solving relevan dalam dunia pendidikan khususnya perumusan kebijakan baru dan analisis terhadap suatu permasalahan dengan mengumpulkan analisa-analisa sehingga membantu dalam upaya pengambilan keputusan yang tepat dan efektif.

References

Adam, Bastari. “Peranan Manajemen Strategi Dan Manajemen Operasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Smpn 13 Depok, Jabar) Bastari Adam” 3, No. 2 (2020): 57–66. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/tahdzibi/article/view/8191/4911.
Ahmad, Habibi Muazar And Wahyuni, Akhtim “Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Islam ‘The Outstanding School Of Muhammadiyah Jawa Timur’ Di Smp Muhammadiyah 12 Sendangagung Paciran-Lamongan.” International Journal On Integrated Education 3, No. 5 (2020): 89. https://www.neliti.com/publications/334098/strategi-marketing-lembaga-pendidikan-islam-the-outstanding-school-of-muhammadiy.
Astimar Dan Rahmadona. “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Studi Literatur).” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, No. 3 (2020). File:///C:/Users/Win10/Downloads/669-Article Text-1324-1-10-20201011.Pdf.
Binus.Ac.Id. “Design Thinking: Pengertian, Tahapan Dan Contoh Penerapannya.” Binus.Ac.Id. Last Modified 2020. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/.
Daheri, Mirzon. Juliana, Deriwanto, Amda, Ahmad Dibul. “Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Sri.” Jurnal Basicedu 3, No. 2 (2020): 524–532. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/795/pdf.
Dasmadi, Dasmadi. “Model Peningkatan Kinerja Dosen Universitas Boyolali Di Jawa Tengah Sebuah Pendekatan Fourfold C Character.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4, No. 1 (2021): 707–718. http://stiealwashliyahsibolga.ac.id/Jurnal/Index.Php/Jesya/Article/View/375/193.
Dewanggajati, Wahyu, Aditya Dan Djamaluddin, Sartika Universitas Indonesia. “Pengaruh Lembaga Pendidikan Dan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Partisipasi Pelatihan Bencana Rumah Tangga” 5, No. November 2020 (2021): 311. http://journal2.um.ac.id/Index.Php/Jmsp/Article/View/14863.
Dewi, Tryana Hafilda. “Design Thinking Budget And Savings Planner Inspiration Of The Hadith Of The Prophet.” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 1, No. 1 (2021): 23–30. https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/342/132.
Firdaus, Muhammad Riyyan. “Design Thinking Of Islamic Counseling Service Inspiration Of Prophet’s Hadith.” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 1, No. 1 (2021): 7–14. http://www.elsevier.com/locate/scp.
handhini. setio, lidya and fitriyani, eka. “tantangan menjadi guru di era disruptif.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020 Tantangan (2020): 489–495. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3864/3604.
Ilyasin, Mukhammad. “Inovasi Manajemen Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyan Negeri Model Samarinda.” Fenomena : Jurnal Penelitian 11, No. 2 (2019): 91–106.
Indarti, Luluk. “Manajemen Inovatif Kepala Madrasah Dalam Memajukan Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 19, No. 02 (2019): 167–186.
Kadi. Titi. And Awwaliyah, Robiatul. “Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Islam Nusantara 1, No. 2 (2017): 144–155.
Mawarni, Dian. Sawitri ,Ida Ayu Sawitri. Akbar, Rendy And Mukhlis, Andi M. Ahsan. “Design Thinking Sebagai Metode Edukasi Kreatif Anak Usia Remaja.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (Pkm-Csr) 2 (2019): 984–991.
Moh Ali Dan Rusdin. “Macro Approach In National Education System.” Jurnal Paedagogia 9, No. 2 (2020): 21–25. Http://Www.Jurnalpaedagogia.Com/Index.Php/Pdg/Article/View/65/57.
Naif, Naif. “Urgensi Inovasi Pendidikan Islam: Menyatukan Dikotomi Pendidikan.” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 15, No. 1 (2016): 1–16.
Nasution, Faiz Albar. “Optimalisasi Pendidikan Politik Melalui Literasi Digital Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Industri 4 . 0 Di Indonesia Optimizing Political Education Through Digital Literacy For The 4 . 0 Industry Disabilities In Indonesia” 5, No. 1 (2021): 68–78.
Nusantara, Boby Ardhian. “Efek Empati Terhadap Cyberbullying Melalui Moral Disengagement Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Oleh.” Universitas Negeri Semarang, 2020. Https://Lib.Unnes.Ac.Id/37025/.
Rahmad, Rahmad. “Dinamika Komunikasi Pendidikan Pada Era Disrupsi” 19, No. 2 (2020): 64–73.
Rouf, Abdur. “Abdur Rouf Transformasi Dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam Oleh.” Journal Kependidikan Iii, No. 2 (2015): 1–27.
Supriyadi, Slamet. “Empathy Dan Design Thinking Dalam Pendidikan Stem.” Kemendikbud.Go.Id. Last Modified 2019. Https://P4tkpknips.Kemdikbud.Go.Id/Informasi/Artikel/193-Emphati-Dan-Design-Thinking-Dalam-Pendidikan-Stem-Renungan-Akademis-Dari-Hasil-Studi.
Syahrul, Yasermi. “Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech.” Jurnal Bahasa Rupa 2, No. 2 (2019): 109–117. https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/342/132.
Yusuf, Muhamad, Mira Zuzana, Doli Witro. “Literacy Education Urgency For Centennial Generation In Industrial Revolution 4 . 0 Muhamad Yusuf Institut Agama Islam Negeri Kerinci Mira Zuzana Madrasah Aliyah Negeri 1 Kerinci Doli Witro Uin Sunan Gunung Djati Bandung When Talking About Children ’ S Ab.” Jurnal Paedagogia 9, No. 2 (2020): 1–14. http://www.jurnalpaedagogia.com/index.php/pdg.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. 2nd Ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008. Www.Obor.Or.Id.
Published
2021-04-06
How to Cite
Afina Mauliya, & Suci Wulandari. (2021). EMPATHY DAN DESIGN THINKING DALAM INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPTIF. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 13-32. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss1.139